UPTD Puskesmas Gedong Tataan

Selamat datang di Puskesmas Gedong Tataan.

Puskesmas Gedong Tataan adalah Fasilitas Layanan Primer Rawat Inap Tingkat Pertama dan Terakreditasi Paripurna. Puskesmas Gedong Tataan merupakan Puskemas di Wilayah Kabupaten Pesawaran yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.1 Desa Sukaraja 7 Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Saat ini Puskesmas Gedong Tataan dikepalai oleh dr. Imelda Carolia, M.Kes. Beliau menjabat sejak Februari 2012 sampai dengan saat ini. Dibawah kepemimpinan beliau Puskesmas Gedong Tataan berupaya untuk melakukan banyak inovasi pelayanan guna terpenuhinya kebutuhan kesehatan pasien dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan. Berikut adalah Profil dari Puskesmas Gedong Tataan ( Profil Puskesmas Gedong Tataan )

 

 

“Terwujudnya tatanan keluarga sehat di wilayah Gedong Tataan melalui perbaikan mutu layanan yang berkesinambungan.”

  1. Promosi kesehatan di setiap Tatanan Masyarakat
  2. Perbaikan lingkungan yang sehat
  3. Meningkatkan kesehatan ibu dan anak
  4. Meningkatkan pengetahuan gizi masyarakat
  5. Memberikan pelayanan pengobatan yang terpadu dan bermutu
  6. Memberdayakan masyarakat di bidang kesehatan
  7. Meningkatkan kemitraan lintas sektoral dalam pelaksana program-program kesehatan

T : Terampil, tenaga SDM yang terampil dalam menjalani tugasnya
A : Aktif dalam melibatkan masyarakat dan lintas sektor dalam upaya peningkatan mutu kesehatan
T : Taat terhadap prosedur layanan dan aturan yang berlaku
A : Akuntabel, akuntabilitas laporan capaian program administrasi manajemen dan keuangan serta kepegawaian, pelayanan kesehatan perorangan yang terukur
A : Adil dalam memberikan layanan dengan megutamakan kelompok-kelompok prioritas.
N : Nyaman , Membuat suasana Nyaman dan Aman untuk masyarakat dan pelayan kesehatan

Melayani Semakin Baik

Standar Pelayanan di Puskesmas Gedong Tataan semuanya mengacu pada pedoman Eksternal dan Internal yang berlaku.


Pedoman Eksternal meliputi :
  1. Undang- Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 tentang KesehatanKlik Disini
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat; Klik Disini
  3. Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Pesawaran Nomor 21 Tahun 2022 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Staf Ahli bupati Pesawaran; Klik Disini 
  4. Pedoman Klinis Masing-Masing Bidang; 

Pedoman Internal meliputi :

  1. Surat Keputusan Kepala Puskesmas Nomor 445/801.001/IV.02.8/I/2024 Tentang Maklumat Pelayanan UPTD Puskesmas Gedong Tataan; Klik Disini
  2. Surat Keputusan Kepala Puskesmas Nomor 445/801.002/IV.02.8/I/2024 Tentang Penetapan Standar Pelayanan UPTD Puskesmas Gedong TataanKlik Disini
  3. Surat Keputusan Kepala Puskesmas Nomor 445/801.003/IV.02.8/I/2024 Tentang Kompensasi Terhadap Standar Pelayanan UPTD Puskesmas Gedong TataanKlik Disini
  4. Surat Keputusan Kepala Puskesmas Nomor 445/801.002.a/IV.02.8/I/2024 Tentang Penyampaian dan Penanganan Keluhan Pelanggan UPTD Puskesmas Gedong Tataan; Klik Disini
  5. Pedoman Manual Mutu UPTD Puskesmas Gedong Tataan;
  6. Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Pedoman Internal harus berdasarkan Pedoman Eksternal yang diakui Negara. Pedoman Internal di simpan di Pusat Kendali Dokumen Puskesmas dan di masing- masing unit layanan sebagai acuan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Pedoman Internal bisa berubah menyesuaikan dengan Peraturan Eksternal yang juga berubah.

  1. Persyaratan Pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Jangka Waktu Pelayanan

    
 
                 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 4. Biaya / Tarif 
     Diatur dengan sesuai :
     Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 5 Tahun 2023 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH
     Untuk melihat Dokumen Silahkan Klik Disini.
5. Produk Layanan
    A. Upaya Kesehatan Perorangan 
        - Pelayanan Pemeriksaan Umum
        - Pelayanan Kesehatan Gigi dan Umum
        - Pelayanan KIA-KB dan MTBS
        - Pelayanan Imunisasi
        - Pelayanan Administrasi
        - Pelayanan Laboratorium
        - Pelayanan Farmasi
        - Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asetat), CBE (Clinical Breast Examination), SHK (Screening Hipotiroid Kongenital)
        - Konsultasi ( Sanitasi, Gizi, Ibu Hamil, Remaja)
        - Pelayanan UGD dan Rawat Inap
 
   B. Upaya Kesehatan Masyarakat Essensial
       - Pelayanan KIA / KB
       - Pelayanan Kesehatan Lingkungan
       - Pelayanan Promosi Kesehatan
       - Pelayanan Gizi
       - Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
 
   C. Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan
        - Pelayanan Upaya Kesehatan Sekolah
        - Pelayanan Kesehatan Remaja
        - Pelayanan Kesehatan  Usila
        - Pelayanan Kesehatan Jiwa
        - Pelayanan Kesehatan Olah Raga
        - Pelayanan Kesehatan Kelompok (UKK)
        - Pelayanan Kesehatan Batra dan Toga
        - Pelayanan Posyandu
        - Pelayanan Pos Pembinaan Terpadu ( Posbindu )
        - Pelayanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat
 
    D. Jaringan Puskesmas
         - Puskesmas Pembantu
         - Puskesmas Keliling
         - Bidan Desa
 
     E. Jejaring Puskesmas
         - Klinik
         - Praktik Dokter
         - Praktik Dokter Gigi
         - Praktik Mandiri Bidan
         - Apotik
 Jadwal Pelayanan
 
 
 
 6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Berikut adalah maklumat pelayanan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Puskesmas Nomor 445/801.002/IV.02.8/I/2024 Tentang Maklumat Pelayanan UPTD Puskesmas Gedong Tataan; Klik Disini

 

Sarana dan prasarana  serta fasilitas yang ada di Puskesmas Gedong Tataan

1. Ketersediaan Loket Pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

2. Ketersediaan Ruang Tunggu

3. Ketersediaan Toilet Untuk Pengguna Layanan

1. Area Parkir

2. Jalur Landai

3. Pegangan  Rambat

4. Kursi Roda

5. Kursi Tunggu Prioritas

6. Loket Khusus

7. Toilet Khusus

8. Ruang Laktasi 

 

 

 

 

 

 

9. Area Bermain Anak

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketersediaan Pengelolaan Pengaduan 

Layanan Pengaduan Puskesmas Gedong Tataan berdasarakan SK Layanan Pengaduan Puskesmas berdasarkan Surat Keputusan Tentang Penyampaian dan Penanganan Keluhan Pelanggan No. 445/801.002.a/IV.02.8/I/2024 disertai Tim Layanan Pengaduan; Klik Disini

Berikut Alur Pengaduan Puskesmas Gedong Tataan

Sistem Informasi Layanan Publik  

  1. Customer Servis
  2. Ruang Pengaduan 
  3. Loket Informasi
  4. Papan Informasi
  5. Lembar Balik
  6. Denah Ruangan
  7. Denah Pengaduan
  8. Leaflet, Spanduk, Poster
  9. Ruang pengaduan dengan petugas untuk pengaduan langsung
  10. Kotak Saran dan Kotak Layanan
  11. Survey Pelanggan Eksternal (IKM)
  12. Kontak Center

​​​​​​

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Atribut  pegawai adalah salah pakaian dinas dengan atribut lengkap sebagai bagian dari upaya mewujudkan disiplin pegawai di lingkungan kerja. Atribut lengkap di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan berdasarkan Peraturan Bupati ( Klik Disini ). Berikut Atribut Resmi Pegawai di Puskesmas Gedong Tataan :

 

Inovasi Puskesmas Gedong Tataan 

 

1. Inovasi NASI SEMUR ( Makanan Padat Bergizi Pendamping ASI Sesuai Umur ) Tahun 2021

Tujuan dari Inovasi NASI SEMUR adalah meningkatkan status gizi bayi dan balita usia  6-24 bulan di wilayah Puskesmas Gedong Tataan melalui pemberian NASI SEMUR ( Makanan Padat Bergizi Pendamping ASI Sesuai ) . Manfaat bagi warga desa  dapat terinformasikan tata cara pembuatan NASI SEMUR yang terdiri dari Frekuensi, Jumlah, Tekstur dan Variasi Makanan Padat Bergizi  Pendamping ASI Sesuai Umur Kepada Ibu Balita, Ibu Hamil dan Catin di wilayah kerja UPTD Gedong Tataan serta manfaat bagi Puskesmas adalah meningkatkan status gizi balita stunting dan masalah gizi lainnya dan memperkuat program kesehatan dan lintas sektor lainnya.

2.  Inovasi GARUDA COVID-19 ( Gerakan Aktif Rembuk Bersama Untuk Terdampak Covid-19 ) 2021

Puskesmas Gedong Tataan menciptkan suatu upaya dan inovasi dimana pengawasan dan pelayanan terhadap pasien terdampak covid dilakukan secara bersama dari semua pihak baik lintas program maupun lintas sektor yang diberikan nama "GARUDA COVID-19". Tujuan dari inovasi ini adalah mengoptimalkan derajat kesehatan masyarakat terdampak covid dengan memberikan fasilitas obat-obatan, informasi dan bahan makanan selama masa isolasi mandiri.

 

 

 

 

3. Inovasi GELAS TOPCER ( Gerakan Pelaksana Stop TB Secara Cepat Oleh Kader  ) Tahun 2022

Untuk peningkatan pengetahuan serta komitmen untuk mengakhiri epidemi Tuberkulosis menjadi penting terutama pada wilayah kerja UPTD Puskesmas Gedong Tataan. oleh karena itu dibentuklah inovasi GELAS TOPCER. Tujuan dari Inovasi ini adalah untuk meningkatkan jumlah pasien yang periksa TBC dan pengobatan tuntas TBC di wilayah Puskesmas  Gedong Tataan melalui kegiatan GELAS TOPCER (Gerakan Pelaksana Stop TB Secara Cepat Oleh Kader). Manfaat inovasi ini bagi masyarakat adalah masyarakat mendapat informasi bagaimana tata cara penanganan dan pengobatan penyakit vTB untuk meningkatkan angka kesenbuhan penderita dan  meningkatkan pelayanan penyakit vTB pada wilayah kerja UPTD Puskesmas Gedong Tataan serta meningkatkan capaian target dalam eliminasi TB.

Dokumen Pedoman Inovasi Gelas Topcer; Klik Disini

4. Inovasi PECEL NASI ( Pelacakan Triple Eliminasi ) Tahun 2023

Pemeriksaan triple eliminasi pada ibu hamil dan temuan kasus ibu hamil reaktif HIV, sifilis dan Hepatitis B, maka masih banyak ibu hamil yang belum melakukan skrining triple eliminasi baik yang belum terjangkau, belum terdeteksi, maupun tidak terlapor.  Dengan ditemukan kasus-kasus reaktif pada ibu hamil oleh karena itu UPTD Puskesmas Gedong Tataan membentuk inovasi PECEL NASI. Tujuan dibentuknya inovasi ini adalah untuk mendeteksi dini penyakit menular yaitu HIV, Sifilis dan Hepatitis B pada ibu hamil sehingga dapat mencegah penularan penyakit ibu hamil ke bayinya. Manfaat ini bagi masyarakat adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang Triple Eliminasi sehingga dapat mendeteksi dini penyakit HIV, Sipilis dan Hepatitis B. Berikut Pedoman dari Inovasi Pecel Nasi ( PElacakan Triple Eleminasi );Klik Disini